Islamic Modern Boarding School of Assalaam, Temanggung


Sejarah Ma'had :
Temanggung kota yang merupakan kota salah satu tempat penghasil tembakau ini, setiap harinya selalu ramai oleh lalu lalang kendaraan, baik kendaraan pribadi, angkutan atau truk-truk pengangkut barang, selai itu aktivitas penduduknya yang padat juga sangat beragam, daerah ini sangat sejuk, tenang dan bersih, keadaan jalan protocol yang hampir bebas dari sampah dan pemandangan gunung yang bagus membuat kota ini semakin indah.
Di daerah inilah tepatnya di desa Gandokan Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung, berdiri sebuah pondok pesantren, yang bernama Pondok Modern Assalaam, dengan kata modern di dalamnya, di harapkan bahwa pondok ini mempunyai nilai lebih dari pondok yang lain.
Pondok yang pada awalnya memiliki satu unit gedung berlantai dua ini pembangunannya memiliki tujuan dan dan maksud yang positif.

SEJARAH PONDOK
Pondok ini didirikan pada tanggal 27 Rajab 1404 yang bertepatan dengan tanggal 29 April 1984 M, dan baru mulai menyelenggarakan pendidikan pada Juli 1986 dengan di bukanya Madrasah Tsanawiyah, dan pada Juli 1989 di buka Madrasah Aliyah.
Pondok ini berdiri atas prakarsanya Ust. Sugiyanto, Dengan menempati tanah wakaf dari keluarga Mbah Sodikun di mana tanah tersebut atas nama anaknya yaitu Bpk. H. Sokheh, dan atas persyaratan wakaf, yang kemudian disepakati bersama, bahwa Pondok tersebut harus berdiri di bawah naungan yayasan bukan organisasi, dan akhirnya di hadapan seorang notaris di daerah Temanggung yaitu Ny. Elly, terbentuklah Yayasan Pendidikan Islam (YASPI).
Tahun 1984, pembangunan fisik dimulai, namun sebelum berjalannya pembangunan tersebut kegiatan-kegiatan mengaji atau pun kerohanian telah diadakan selama dua tahun yang bertempat di rumah Bapak H. Sodikun yang biasa di panggil Mbah Sodikun. Diawali dari kegiatan itu muncullah semacam semangat untuk memulai mendirikan pondok, dan di tahun 1984 itu yayasan membangun 2 lokal, 1 kantor dan 1 ruang kegiatan belajar-mengajar, di mana ruang tersebut berfungsi sebagai kantor juga tempat tidur Santri-santri pertama dari Pondok Modern Assalaam.

TUJUAN PENDIRIAN PONDOK
Menyiapkan Kader-kader Islam yang memiliki Iman yang kuat berwawasan Ilmu Pengetahuan yang Luas, Berakhlaq Islami dan mempunyai komitmen akan dakwah Islam. Hal ini didasarkan dari Firman Allah, yaitu Surat At-Taubah : Ayat 122 “Wama kaana almu’minuuna yaghfiru kaaffah falaulaa nafaro min’ kulli firqotin minhum tooifatul yatafaqohu fid din wa yun’diru koumahum idaa rija’u ilaihim la’alakum yahdarun”

V I S I
Pondok Modern sebagai lembaga pendidikan islam yang berorientasi pada pengembangan keilmuan dan penguatan nilai-nilai keislaman.

M I S I
1. Menyelenggarakan pendidikan untuk pengembangan keilmuan.
2. Memberikan bekal dasar-dasar ketrampilan khusus.
3. Menanamkan nilai-nilai keislaman untuk membentuk pribadi muslim.
4. Menanamkan semangat dan komitmen pada dakwah islam.
Pendidikan di Pondok Modern Islam ini dilaksanakan secara Integral, dalam lingkungan asrama yang berlangsung selama 24 jam, dengan menerapkan kurikulum nasional dan kurikulum khas kepesantrenan kemudian ditambah dengan kurikulum ketrampilan khusus.

3 komentar:

  1. wesssssssssss wah keren bgt the next fighter deh my period

    BalasHapus
  2. Waduh, ada yg koment to ternyata........

    BalasHapus
  3. kapan ni ponpes mengadakan reuni akbar kan dah pada kangen sama sedulur sedulur kabeh

    BalasHapus